Mempesona

YOSI ISMARINA TAGOPALANGE PANGIAN KECAMATAN LINTAU BUO KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT

Selasa, 12 Juli 2011

NIC (NETWORK INTERFACE CARD)


NIC
Oleh Yosi Ismarina (13958)


NIC(network interface card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
NIC terbagi menjadi dua jenis, yaitu NIC yang bersifat fisik dan NIC yang bersifat logis.

Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet dan Token Ring sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter.

Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

NIC fisik

NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard computer.
Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis yaitu:
1. Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet.
2. Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda.

Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).

NIC logis

NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC. Contoh dari perangkat NIC logis adalah loopback adapter. Kartu NIC logis ini dibuat dengan menggunakan teknik emulasi.

Reverensi :  Ringkasan Diskusi 8 juli 2011
             Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas 
             Faisal Akib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar